Paling Produktif Dan Minim Kebobolan Tak Buat Robert Puas

By ommed


nusakini.com - Persib jadi tim paling produktif sekaligus paling sedikit kebobolan di Kompetisi BRI Liga 1 dalam 11 pekan pertandingan. Maung Bandung juga jadi satu satunya tim yang belum terkalahkan. Pencapaian Persib istimewa meski sementara mereka kini berada di posisi kedua klasemen.

Persib total sudah mencetak 19 gol, jumlah gol yang sama dengan Persebaya Surabaya. Persib juga baru kebobolan 7 gol jumlah yang sama dengan PSIS Semarang. Robert Alberts selaku pelatih mengapresiasi kinerja pemain sejauh ini.


“Dalam sesi latihan saya bertanya kepada tim, 'siapa tim yang paling produktif di liga saat ini?' dan jawabannya adalah Persib karena kami mencetak gol paling banyak. Dan saya juga menanyakan pertanyaan lainnya, 'siapa tim dengan pertahanan terbaik saat ini?' dan jawabannya juga Persib,” kata Robert.

Statistik itu menandakan apa yang sudah dikerjakan tim sejauh ini sudah tepat. Walau sempat mendapat kritik tajam atas hasil empat kali beruntun pada penamapilannya di seri 1, namun Dedi Kusnandar cs. mampu menjawab kritikan di seri 2 dengan lima kemenangan beruntun, Persib berada di jalur juara.


“Jadi jika dilihat dari sebelas pertandingan yang sudah dimainkan dan tim itu merupakan tim paling produktif sekaligus paling kuat pertahanannya, itu artinya apa yang dilakukan tim sudah tepat. Tapi itu juga bukan berarti membuat kami puas dan harus tetap berbenah,” imbuh Robert.

Menyambut seri 3, Robert punya sejumlah evaluasi yang perlu ditingkatkan. Adalah soal mencetak gol dan koordinasi di lini pertahanan agar tak kebobolan. “Kami harus lebih baik dalam mencetak gol, kami juga harus bertahan lebih kuat supaya tidak kemasukan. Namun kami sudah berada di jalur yang tepat,” sebutnya. (lib/om)